Olahraga Crossfit dan Kematian Ashraf Sinclair - Endo Sadewa

Olahraga Crossfit dan Kematian Ashraf Sinclair

Olahraga Crossfit dan Penyebab Kematian Ashraf Sinclair

Innalilahi wainailaihi rojiun
Selamat jalan Bang Ashraf, Selamat jalan untuk selamanya..
semoga Bang Ashraf diberikan tempat yang baik di sisi Allah dan sejuk di tempat peristirahatannya serta diampuni segala kesalahan dan dosa di dunia. Alfatihah.


Halo teman-teman kembali lagi di Sadewa.id
baru-baru ini kita dikejutkan oleh berita yang mendadak viral. Suami Bunga citra lestari yaitu Ashraf Sinclair Mendadak meninggal dunia karena serangan jantung.
Faktanya, sebetulnya ashraf sinclair adalah orang yang sangat menekuni hidup sehat. Sangat proporsional dalam mengatur gaya hidup.  Selalu makan makanan yang sehat dan tidak pernah absen dalam berolahraga.

Sementara itu, Ashraf Sinclair diketahui melakukan olahraga crossfit di pusat kebugaran langganannya pada Hari Senin malam (17/2)  sebelum meninggal.

Jadi, apa sebenarnya crossfit itu? Apa yang membedakan crossfit dengan yang lain? Dan kenapa kamu perlu mempertimbangkan untuk menjadikan crossfit sebagai bagian dari rutinitasmu, yang dikabarkan tidak untuk semua orang? Simak ulasan selengkapnya!

Apa itu Metode Crossfit?



Diambil langsung dari website resmi Indonesia Fitness Trainer Association (APKI), Crossfit adalah program latihan yang menggabungkan dua unsur sistem aerobic serta anaerobic serta menekankan perpaduan latihan interval intensitas tinggi, angkat beban, senam dan disiplin lainnya dalam format serupa latihan sirkuit.

Dalam metode crossfit sendiri, jenis gerakan-gerakan yang dilakukan biasanya bersifat fungsional dan dilakukan dengan intensitas beragam. Tujuannya adalah meningkatkan kekuatan otot, ketahanan jantung dan fkelsibilitas tubuh.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pola latihan crossfit :

Crossfit Melatih kekuatan otot dan stamina

Berbagai jenis gerakan dan variasi latihan yang dilakukan crossfit membuat kontraksi terjadi pada semua bagian otot sehingga kekuatan otot tentunya akan meningkat dan bentuk otot akan terlihat semakin jelas. Intensitasnya yang tinggi juga melatih stamina tubuh. Misalkan, Anda yang sebelumnya hanya bisa melakukan push-ups sebanyak 25 kali dalam satu menit, dua bulan selanjutnya bisa menyelesaikan 30 pus-ups dalam satu menit.

Crossfit membuat orang Bersemangat dan termotivasi

Pola latihan crossfit biasanya dilakukan dengan membentuk suatu kelompok. Biasanya juga akan ada tantangan-tantangan yang diberikan pelatih kepada tiap peserta sehingga diantara mereka akan terjadi kompetisi. Kompetisi ini tentunya membuat latihan crossfit yang sangat berat terasa lebih ringan dan menyenangkan. Dengan adanya kompetisi dan kerjasama antar tim, para peserta akan lebih bersemangat dalam menjalankan latihan dan lebih termotivasi untuk mencapai tujuannya.

Crossfit membuat Kedekatan emosional antar sesama group

Seperti yang telah disebutkan di atas, pola latihan crossfit biasanya dilakukan dengan membentuk group atau kelompok. Terbiasa bersama saat melakukan latihan biasanya membangun kedekatan emosional antar sesame anggota kelompok. Kedekatan ini tentunya akan sangat bermanfaat. Antar sesama anggota yang sedang berjuang untuk mencapai tujuannya akan akan saling mengingatkan, saling menyemangati dan memotivasi.

 Apa Manfaat Cross Fit?

Ada banyak manfaat dari latihan pelatihan Crossfit. Pertama dan terpenting, pelatihan Crossfit memungkinkan Anda untuk melatih di beberapa daerah kebugaran termasuk kekuatan, daya tahan, kekuatan, kelincahan, dan kecepatan. Mengapa penting untuk pelatihan di semua bidang kebugaran?

Pertama, hampir setiap olahraga kompetitif melibatkan beberapa komponen kebugaran yang tercantum di atas. 

Kedua, Crossfit yang bekerja di luar biasanya membakar kalori lebih banyak per sesi dibanding latihan beban tradisional.

Ketiga, Sesuai dengan definisi dari olahraga Crossfit itu sendiri yang menyatakan bahwa gerakan yang dilakukan adalah gerakan sehari-hari, maka tak batasan usia untuk melakukan olahraga jenis ini. Mulai dari anak kecil, hingga orang lanjut usia, semua dapat melakukan Crossfit.

Bagaimana dengan isu tingkat cedera yang tinggi pada crossfit?

Isu mengenai tingkat cedera yang tinggi pada pola latihan crossfit cukup populer. Jenis latihan kebugaran ini dianggap rentan menyebabkan cedera, terutama musculoskeletal. Tempo latihan yang cepat dan tekanan untuk berkompetisi yang tinggi kadang membuat peserta memaksakan diri meskipun sebenarnya sudah kelelahan.

Latihan ini terkenal dengan polanya yang keras dan ketat, contohnya dalam satu sesi latihan Anda akan diminta melakukan 100 push-ups, 100 pull-ups, 100 sit-ups dan 100 squats. Setiap harinya, latihan yang dilakukan berbeda-beda.

Sistem ini lebih dikenal dengan “one size fit all” sehingga tidak ada perbedaan atau porsi latihan khusus baik bagi pemula atau orang yang sudah berpengalaman. Dalam metode CrossFit, jenis gerakan-gerakan yang dilakukan biasanya bersifat fungsional dan dilakukan dengan intensitas tinggi. Tujuannya adalah meningkatkan kekuatan otot, ketahanan jantung dan fleksibilitas tubuh karena intensitasnya yang tinggi dan jadwal latihan yang ketat. 

Hasil dari latihan dengan metode CrossFit lebih terlihat jelas sehingga sering dianggap metode yang paling berhasil. Namun, untuk dua alasan tersebut, metode CrossFit diketahui merupakan metode latihan yang sangat rentan dengan cedera.

Disarankan bagi para penggiat olahraga kebugaran yang mengikuti pola latihan crossfit untuk lebih memperhatikan kondisi tubuh dan belajar teknik gerakannya dengan baik agar terhindar dari cedera. Pada tahapan awal sebelum memulai latihan.



Kesimpulan

Jenis atau metode olahraga apapun apabila dilakukan dengan tersistematis dan terstruktur dengan baik akan menjadi aman, begitu pula sebaliknya.

0 Response to "Olahraga Crossfit dan Kematian Ashraf Sinclair "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel