Manfaat Vitamin K untuk Proses Pembentukan Tulang dan Pembekuan Darah - Endo Sadewa

Manfaat Vitamin K untuk Proses Pembentukan Tulang dan Pembekuan Darah




Kupas Tuntas Vitamin K.

Apa itu Vitamin K?
Vitamin K adalah vitamin yang sangat penting bagi pembekuan darah saat kita mengalami cidera. Setiap kali seseorang memiliki luka berdarah, Vitamin K lah yang berperan dalam darah untuk menghentikan pendarahan dan memungkinkan sebagian kecil luka untuk sembuh dengan cepat.

Vitamin K itu apa saja? Ada tiga bentuk vitamin K yang berbeda. Varian pertama dari vitamin K adalah vitamin K1, juga dikenal sebagai phylloquinone. Ini adalah bentuk vitamin K yang ditemukan dalam jenis makanan nabati. Bentuk kedua dari vitamin K adalah vitamin K2, atau menaquinone. Jenis vitamin K ini dibentuk oleh bakteri yang ramah di usus. Ketiga, ada vitamin K3 yang juga dikenal sebagai menadione dan sebenarnya merupakan bentuk buatan dari vitamin K. Ketiga jenis vitamin K ini berakhir di hati di mana ia digunakan untuk menciptakan zat pembekuan darah.
Sumber Vitamin K. Sumber alami terbaik dari vitamin K adalah sayuran berdaun hijau, seperti bayam. Namun, karena bakteri yang ramah di usus membuat salah satu bentuk dari vitamin K itu sangat langka bagi seseorang untuk memiliki kekurangan vitamin K dan suplemen vitamin K tidak dibutuhkan oleh mayoritas orang.


Vitamin K untuk apa? Terlepas dari fungsi utama membantu darah menggumpal, vitamin K, khususnya Vitamin K1, memiliki tugas yang sangat penting dalam proses pembentukan tulang. Vitamin K ini diperlukan untuk mempertahankan kalsium dalam tulang dan mendistribusikannya kembali ke tempat yang diperlukan.

Meskipun kekurangan vitamin K relatif jarang, ada kelompok orang tertentu yang mungkin mengalaminya. Bayi yang baru lahir mungkin tidak memiliki cukup vitamin K karena mereka memiliki cukup bakteri di usus mereka untuk memproduksinya. Mayoritas bayi yang baru lahir di negara-negara maju diberi suntikan vitamin K untuk membukanya sampai proses alami mengambil alih.

Pemberian antibiotik yang berlebihan dapat menyebabkan kekurangan vitamin K karena faktanya antibiotik membunuh bakteri usus. Untuk mengatasinya, suplemen vitamin K dapat diberikan jika antibiotik harus dilanjutkan untuk jangka waktu yang lama.

0 Response to "Manfaat Vitamin K untuk Proses Pembentukan Tulang dan Pembekuan Darah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel