Manfaat Vitamin B6, Salah Satu Vitamin Yang Paling Serbaguna! - Endo Sadewa

Manfaat Vitamin B6, Salah Satu Vitamin Yang Paling Serbaguna!



Apa itu vitamin B6? 

Vitamin B6 adalah salah satu vitamin B yang paling serbaguna dan tubuh hanya membutuhkan jumlah yang relatif kecil. Nama lain Vitamin B6 adalah pyridoxine. Vitamin B6 bekerja erat dengan semua vitamin B lainnya, terutama niacin, asam folat, dan Cobalamin serta berkontribusi terhadap berbagai fungsi dalam tubuh. 

Manfaat Vitamin B6 adalah mengubah Asam amino menjadi protein serta mengubah gula yang tersimpan di dalam tubuh menjadi energi esensial. Pada dasarnya, vitamin B6 sangat penting untuk mengubah protein yang dikonsumsi menjadi protein yang dibutuhkan tubuh dan juga untuk mengubah karbohidrat dari bentuk yang disimpan dalam tubuh ke bentuk yang dapat digunakan untuk energi ekstra.

Baca Juga:
Manfaat Vitamin B Complex
Manfaat Vitamin C
Manfaat Vitamin D
Manfaat Vitamin E

Manfaat Vitamin K

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT

Fungsi lain dari vitamin B6 adalah memastikan protein-protein dalam tubuh tersedia karena tubuh membutuhkan sejumlah protein yang berbeda-beda. Misalnya, vitamin B6 dapat menciptakan hemoglobin untuk membawa oksigen dalam sel-sel darah, hormon untuk mengatur tekanan darah, neurotransmitter dan berbagai enzim.

Dosis Vitamin B6 harian yang direkomendasikan hanya sekitar 2,0 mg tetapi jumlah yang tampaknya tidak signifikan ini digunakan sangat efisien di dalam tubuh untuk memproduksi lebih dari enam puluh enzim yang berbeda. 

Sumber Vitamin B6. Sumber terbaik dari vitamin B6 adalah makanan berprotein tinggi seperti telur, ikan, unggas, dan daging dan juga ditambahkan untuk sarapan sereal dan roti untuk memastikan bahwa setiap orang dapat mengkonsumsi tunjangan harian yang direkomendasikan, bahkan jika mereka tidak makan produk daging. Sejumlah tambahan vitamin b6 dapat bermanfaat bagi jantung dan sistem kekebalan tubuh. Suplemen vitamin B6 terkadang dibutuhkan oleh penderita asma dan penderita diabetes. Namun, penting untuk menyadari bahwa terlalu banyak vitamin B6 dapat menjadi racun.

Masyarat sangat jarang kekurangan vitamin B6 karena vitamin ini tersedia di hampir seluruh makanan. Ada beberapa kelompok yang mungkin perlu mengonsumsi suplemen vitamin B6 untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan dosis harian yang direkomendasikan. 

Sebagai contoh, wanita hamil atau menyusui akan membutuhkan vitamin B6 dengan jumlah lebih tinggi karena Vitamin ini akan diserap juga untuk keperluan si Bayi. Vegetarian ketat atau vegan dan anak-anak yang tidak makan produk hewani mungkin memerlukan suplemen vitamin B6 karena sayuran dan buah-buahan bukan merupakan sumber vitamin B6.

0 Response to "Manfaat Vitamin B6, Salah Satu Vitamin Yang Paling Serbaguna!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel