Kupas Tuntas Vitamin A, Vitamin Yang Bermanfaat dan Berbahaya! - Endo Sadewa

Kupas Tuntas Vitamin A, Vitamin Yang Bermanfaat dan Berbahaya!

Kupas Tuntas Tentang Vitamin A

Vitamin A adalah larut didalam lemak sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dikeluarkan dari tubuh (tidak seperti vitamin C & B). Mengapa namanya Vitamin A? Karena Vitamin A adalah vitamin yang pertama kali ditemukan. Vitamin A memiliki banyak kegunaan dalam tubuh termasuk menjaga mata tetap sehat, membantu pertumbuhan sel dan juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, vitamin A tidak hanya diserap secara langsung oleh tubuh tetapi juga dibuat oleh tubuh dengan mengubah beta karoten menjadi vitamin A.

Vitamin A sendiri ditemukan dalam sejumlah makanan seperti telur, susu, hati dan daging. Beta karoten yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A ditemukan dalam banyak buah dan sayuran, terutama yang berwarna merah, oranye dan hijau.

Penting untuk kita ingat bahwa mengkonsumsi terlalu banyak vitamin A murni bisa menjadi racun. Jangan mengkonsumsi Vitamin A melebihi jumlah atau dosis harian yang direkomendasikan. Dosis yang disarankan untuk vitamin A bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin dan faktor lainnya. Sementara jumlah sebenarnya vitamin A yang dikonsumsi mungkin beracun jika dosis harian yang disarankan terlampaui. Dosis vitamin A yang direkomendasikan adalah:

Untuk usia 9 – 13 tahun adalah 600- 1700 mcg/ 2000 – 6000 IU per hari
Laki-laki usia >14 tahun 900 – 2800 mcg/3000 – 9000 IU per hari
Dan dewasa >19 tahun  3000 mcg/10.000 IU per hari

Dengan demikian, konsumsi vitamin A berlebih dapat menyebabkan hipervitaminosis A (kelebihan vitamin A) yang berdampak buruk untuk kesehatan. Tanda-tanda awal hipervitaminosis A umumnya adalah rasa mual/ muntah, tidak nafsu makan, nyeri kepala, pendangan kabur, rasa lemah, dan nyeri otot.

Baca Juga:
Manfaat Vitamin B Complex
Manfaat Vitamin C
Manfaat Vitamin D
Manfaat Vitamin E
Manfaat Vitamin K

Sangat disarankan untuk memakan makanan yang mengandung beta karoten yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, daripada mengkonsumsi vitamin A murni seperti dalam suplemen dan obat.

Apa efek wortel terhadap mata? Banyak orang mengatakan mengkonsumsi banyak wortel dapat membantu Anda melihat dalam gelap. Hal ini tidak 100% benar karena tergantung seberapa banyak kandungan beta karoten dalam wortel dan Vitamin A yang terkonversi.
Makanan lain yang memiliki kaya akan beta karoten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A adalah tomat dan sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam. Beta carotene tidak hanya digunakan untuk membentuk vitamin A, tetapi juga merupakan antioksidan yang sangat kuat. Tubuh tidak akan membuang beta karoten jika kita banyak mengkonsumsinya, justru beta karoten akan menjadi antioksidan yang sangat berguna untuk tubuh.

Vitamin A juga membantu melawan infeksi dan penyakit dengan membantu jaringan yang melapisi berbagai bagian tubuh, termasuk mata, mulut, hidung, tenggorokan dan paru-paru, dan juga untuk mencegah infeksi. Anak-anak juga membutuhkan banyak vitamin A untuk membantu tulang dan gigi mereka berkembang dengan baik.









0 Response to "Kupas Tuntas Vitamin A, Vitamin Yang Bermanfaat dan Berbahaya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel