Cara Menghemat Baterai Xiaomi dan HP Android - Endo Sadewa

Cara Menghemat Baterai Xiaomi dan HP Android




Punya HP android khususnya XIAOMI tapi kok lama-lama baterainya boros ya? Biasanya HP boros ini sangat menyakitkan. Sedang kuliah baterai boros. Sedang ada meet up atau ada acara baterai HP habis. Eh lhadalah!! Sudah mencoba berbagai cara untuk memperbaikinya masih juga boros. Mau ganti HP masih kantong bolong. Terus gimana dong? Hahaha

Padahal rata-rata HP xiaomi itu baterainya besar-besar lho kawan. Bahkan diatas rata-rata HP di kelasnya. Sebagai contoh, HP xiaomi tipe REDMI semuanya di kasih baterai 4000 mAh. Sekali ngecas aja udah penuh, yekan?

Eh tapi kok ini lama-lama bateraiku boros ya? Kenapa ya? Terus kenapa HP xiaomi bisa lelet bin lemot gini ya? Waduh payah..

Nah untuk menghindari pengalaman seperti itu, kita sudah merangkum beberapa cara agar baterai kamu tambah awet guys!

Cara 1: PAKAILAH ROM RESMI XIAOMI
ROM itu apa? ROM itu ya mesin software dalamnya HP. Kalau kita beli HP resmi, pasti dapet ROM resmi juga. Tapi kalo kita beli online atau yang garansi distributor kita bisa saja mendapat ROM HP yang abal-abal alias bukan resmi.

Kenapa Rom distributor bikin baterai cepat boros? Karena banyak sekali sekali aplikasi iklan (namanya bloadware) yang ikut kepasang. Jadi HP kita mengangkat berat yang sebenarnya tidak perlu dipikul. Oleh karena itu kita harus mengganti segera rom tersebut ke rom resmi. Kalau pusing, tinggal cari jasa pasang ROM saja banyak kok. Maksimal 50 ribu. Tapi kalo bisa pasang sendiri malah asyique bosquh!
Cara membedakan ROM RESMI atau DISTRIBUTOR silahkan kunjungi link Disini (soon)

Cara 2: Instal Aplikasi Sesuai Keperluan
Ini adalah kebiasaan buruh para netizen kalau abis beli HP baru. Pasti pasang aplikasi banyak banget sampai HP keliatan penuh. Semuanya pokoknya dipasang. bener-bener ngeri pokoknya wkwkwkwkkwwkkwkww


Sesuai pengamatan saya, aplikasi HP paling boros pertama adalah facebook. Kedua adalah instagram, youtube, google chrome kalo buat streaming, BBM dan game. Selain itu nggak signifikan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Jangan pake semua chat keles, pake aja WA/ line paling rame. Temen kita paling ya itu itu aja kan, nggak ada yang lain. Kecuali kalo temen kita beda-beda banyak banget silahkan gak masalah.
FB coba instal FB lite dia lebih enteng dan ngirit baterai. Tapi mimin tetep pake FB yang biasa, karena tampilannya keren dan gampang banget terlanjur suka dah bodoh amat baterai abis wkwkwkwkwk maapin ane ya netizen..

Cara 3: Aktifkan Mode Auto Close App
Xiaomi punya aplikasi khusus untuk memindai virus, mengatur koneksi internet, mengatur profil baterai, bisa memblokir pesan dan panggilan keluar masuk, perizinan aplikasi, dan pemindai file sampah. Hebat lho ini kalo bisa pake nya.

Nah, fitur yang akan kita maksimal pertama kali adalah profil baterai yaitu dengan cara:
a. Pilih security/keamanan
b. Lanjut pilih baterai
c. Pilih profile
d. Klik tambah profil
e. Lalu pada bagian opsi bersihkan memori kamu pilih 1 menit
f. Untuk settingan lainnya tinggal kamu sesuaikan saja
g. Kemudian kamu aktifkan profil tersebut

Dengan memanfaatkan fitur auto close app ini, maka smartphone Xiaomi kamu akan melakukan pembersihan memori/RAM secara otomatis setelah layar ponsel mati selama 1 menit. Jadi kamu kunci dulu aplikasi yang tidak ingin ditutup secara otomatis dengan cara tekan tombol recent app lalu swipe ke bawah aplikasi yang ingin dikunci sampai muncul icon gembok di pojok kanan atas aplikasi.

Cara 4: Lakukan Pembersih Junk File
Hampir sama dengan cara 3, di cara 4 ini yang kita maksimalkan adalah fitur pembersihan junk file. Buka kembali aplikasi keamanan lalu pilih pembersih/cleaner, setelah itu tekan tombol scan/pandai. Lakukan cara ini setidaknya 1x dalam seminggu.

Cara 5: Atur Tombol Back Sebagai Kill App
Jadikan tombol back kamu langsung menutup aplikasi. Ampuh banget cara ini bosquh. Caranya yaitu:
a. Masuk ke pengaturan
b. Pilih additional options/setelan tambahan
c. Pilih tombol/button
d. Pada bagian/opsi "tekan lama tombol navigasi", kamu pilih tombol kembali menjadi tutup apl terkini
e. Selesai

Enaknya adalah hp kamu jadi lebih awet karena aplikasi kamu matiin semua. Nggak enaknya ketika ngegame atau ngedit kepencet yaudah wasalamualaikum warohmatullahi wabarokatuhu...

Cara 6: Wipe Cache dan Dalvic Cache


Ini cara semi profesional. Kalo kamu belum paham oprek atau ganti-ganti ROM mending skipp cara ini.
Kalo yang udah paham. Masuk TWRP, lalu wipe cache and dalvic cache. Cara ini merefresh HP seperti layaknya abis di instal ulang. Seger...

Cara 7: Biasakan untuk Charge dalam Kondisi Mati
Cara ini adalah cara yang lumayan ampuh agar baterai hp awet.
Charge HP dalam kondisi mati bisa mensetting ulang (recalibrate baterai) xiaomi mu. Coba aja pasti ngaruh kok.

Cara 8: Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar dan Mematikan Auto Brightness
Cara ini adalah cara paling efektif diantara yang lain. Lebih dari 40% baterai habis karena layar. Secara, layar adalah bagian paling penting di smartphone. Ketika layar kamu terlalu terang, maka baterai yang digunakan juga ngocor apapun aplikasinya. Turunkan tingkat kecerahan dan matikan auto brightness niscaya baterai hpmu akan lebih ngirit.

Cara 9: Kalibrasi Baterai
Sama kayak nomer 7. Tapi ada sedikit modifikasi teknik.
Caranya yaitu isi baterai smartphone xiaomi kamu sampai penuh lalu hidupkan layarnya terus-menerus sampai ponsel xiaomi kamu mati sendiri (baterai 0%). setelah itu silahkan charge ponsel xiaomi kamu dalam kondisi mati dari 0% hingga 100%.
Cara ini bener-bener work!!

Cara 10: Ganti Baterai Baru
Cara ini adalah cara yang akan kamu lakukan apabila baterai kamu bener-bener udah nggak layak. Contoh baterai hamil, atau borosnya udah nggak wajar. Masak HP redmi SOT Cuma 1 jam. Atau Mi5 SOT Cuma 15 menit, mending kamu ganti baterai. Jangan lupa beli baterai di toko resmi (kalo tersedia). Kalo nggak ada di toko resmi yaudah online tapi carilah ulasan pembeli paling banyak biar nggak beli baterai yang soak.

Cara 11: Beli Baterai Cadangan
Xiaomi jaman sekarang mah baterainya nempel di HP, nggak bisa dicopot kayak baterai HP jadul-jadul. Hehe.
Redmi note 3, redmi note 4 keatas sudah unibody dia. Skip aja cara ini. Tapi kalo baterai HP kamu bisa di copot-copot ya ada baiknya beli cadangan, kalo baterai lama, pasang langsung yang baru deh.

Cara 12: Gunakanlah WIFI
Selain ngirit quota, menggunakan wifi terbukti bisa membuat irit smartphonemu guys!

Cara 13: Menggunakan Aplikasi Greenify
Ini cara untuk profesional ya karena butuh oprek-oprek.
Bagi kamu yang smartphone xiaominya sudah unlock bootloader dan trinstall xposed, bisa menggunakan aplikasi greenify. Aplikasi ini dirancang untuk bisa menghemat konsumsi baterai. Jadi setiap kali layar ponsel xiaomi kamu redup makan aplikasi akan dihibernasi namun notifikasi tetap muncul. Greenify akan lebih efektif jika kamu kombinasikan dengan xposed karena ada module yang akan diinstall. Untuk aplikasi greenify bisa kamu ambil di sini | mirror di sini. (soon) link mati. Selengkapnya tentang cara menginstall Greenify yang benar, bisa kamu baca di sini

Cara 14: Membatasi Secara Extreme Aplikasi yang Berjalan di Background
Ini adalah cara jahat, admin melakukan cara ini tapi yang admin batasi adalah aplikasi yang jarang-jarang digunain, contoh aja aplikasi marketplace kayak BL toped sopik dll.. soalnya dia jalan trus guys jadi harus dibatesin. Caranya ini:
a. Masuk ke setting/pengaturan
b. Pilih additional option/setelan tambahan
c. Lanjut pilih opsi pengembang/developer mode
d. Gulir layar ke paling bawah lalu cari opsi "Batas proses latar belakang"
e. Silahkan kamu pilih apakah mau hanya maksimal 2 proses atau tanpa proses latar belakang sama sekali

Cara 15: Bawalah Powerbank
Cukup jelas! HEHEHE

Cara 16: Aktifkan Mode Ekstrim Power Saving
Mode ini disembunyiin sama xiaomi, padahal di smartphone lain jadi kebanggaan karena emang berguna banget,entahlah apa yang dibenak xiaomi sampai nggak ngasih fitur ini langsung.
Tapi, Dengan sedikit trik, kamu bisa memuncul mode ekstrim ini dengan cara masuk ke Setting/pegaturan > Baterai & Perfroma > Kelola penggunaan baterai Apl > tap beberapa kali tulisan hidup pada mode hemat daya. Maka secara otomatis akan muncul mode Ekstrik. Untuk menyembunyikan mode ekstrim tersebut, bisa dengan tap ulang beberapa kali tulisan hidup.
Oh iya, karena ini mode ekstrim power saving, jadi kemungkinan besar beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar semisal facebook, twitter, path, whatsapp, BBM, telegram, dan sebagainya akan berhenti memberikan notifikasi, sehingga kamu harus membukanya secara manual.

Itu adalah cara membuat baterai smartphone khususnya xiaomi jadi lebih ngirit! Ada yang mau nambahin?


0 Response to "Cara Menghemat Baterai Xiaomi dan HP Android "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel